2.1.14

#ckptw

Oke, postingan ini terinspirasi dari kata "#ckptw" yang sering dipake anak-anak Sidoarjo yang habis ikut kopdar di Malang (atau entah dari mana asalnya kata itu). #ckptw berarti "cukup tahu". Ya, dipikir-pikir, kadang kita perlu bersikap "cukup tahu" untuk beberapa hal.

Kita perlu bersikap #ckptw untuk hal-hal yang nggak bisa kita raih, tapi bisa diraih oleh orang-orang dekat di sekitar kita. Bukan karena kita menyerah, atau iri dengan keberhasilan mereka. Tapi supaya kita belajar untuk mensyukuri apa yang kita raih dan kita miliki, nggak hanya terpaku pada apa yang dimiliki orang lain.

Kita perlu bersikap #ckptw saat sadar bahwa kita nggak akan bisa memenuhi ekspektasi orang lain tentang diri kita. Bukan karena kita keras kepala dan nggak mau berubah. Tapi karena kita tahu, bahwa dengan berusaha memenuhi ekspektasi orang lain secara terus menerus, kita nggak akan pernah bisa menjadi diri sendiri. Karena kita harus tahu, bahwa those who mind don't matter, and who matter don't mind. Dengan hal itu, kita akan tahu siapa yang benar-benar bisa menerima keberadaan kita, dan siapa yang berusaha membentuk diri kita agar sesuai dengan ekspektasi pribadinya.

Kita perlu bersikap #ckptw saat menyadari bahwa nggak semua orang akan berekspektasi sesuai apa yang kita harapkan. Tiap orang punya ekspektasi masing-masing saat menghadapi tiap hal, termasuk saat melihat diri kita. Mereka mungkin akan sering salah menilai kita, tertipu dengan first sight kita, atau mungkin salah mengerti tentang sikap dan kepribadian kita. Bukan karena kita nggak mau membuat mereka mengerti. Tapi karena kita sadar bahwa kita nggak akan bisa mengendalikan ekspektasi mereka yang terkadang berkembang sangat cepat.

Kita perlu bersikap #ckptw terhadap masalah orang lain saat kita nggak dimintai pendapat mengenai masalahnya. Kita hanya harus mendengarkan, dan menganggap bahwa mereka bisa menyelesaikan masalahnya sendiri, tanpa bantuan maupun solusi dari kita. Bukan karena kita nggak mau membantu mereka. Tapi karena kita sadar bahwa mereka adalah pribadi dewasa yang punya cara masing-masing dalam menyelesaikan masalahnya, bahkan (mungkin) tanpa bantuan dari kita.

Ya, kadang kita perlu bersikap #ckptw dengan cara diam saat menghadapi hal-hal tertentu. Bukan karena kita nggak peduli atau nggak care, tapi karena kita sadar bahwa justru sikap diam itulah bentuk kepedulian terbaik yang sebenarnya mereka butuhkan, dan kita butuhkan untuk meredam keadaan.

Labels :

32 komentar:

Nurul Huda said...

Gila ya, cuma satu kata doang bisa jadi satu tulisan yg bermakna, kak Miftah emang.......#ckptw aja deh

Daiga Koujima said...

Diam lebih baik dibanding berkata2 yg tidak penting.. kadang orang lain terlalu memkasa dgn mengkritisi sikap kita yg bikin kita gax nyaman.. Orang2 kayak gitu layak dijauhi.. Karna Kita bukan Malaikat, makhluk tanpa cela..

Roro Mira said...

selalu manggut-manggut kalo baca postingannya mbak Miftah .__.
hmmm *merenung seketika*

Dio Saputra said...

setuju sama "kita cukup tahu terhadap masalah orang lain saat gak dimintain pendapat". Banyak orang ngeselin diluar sana yang suka ikut campur masalah orang lain -___-

Aisyah As-Salafiyah said...

Wah Masya Allah baru tau kalau ada kosakata baru nih.. ^__^

taufan ajie said...

Cuman 2 paragraf terakhir yang berhasil aku cerna dengan baik kak Mif ._.V Gomenasai Mifta-nee, Aku gak bisa comment apa - apa yang penting cekapetewe ajadah :D

noxcaelum said...

daebak. paragraf keempat ngejleb banget. salam kenal Kak ^_^

erick paramata said...

Kadang sikap #ckptw memang diperlukan, tidak semua hal di dunia ini harus ditanggapi. :)

Ka mif kerennnnn banget. Tapi yaaa "cukup tahu" aja sih :p

Elang Wicakso said...

#ckptw kalo Miftah tertular virus #ckptw. mari kita galakkan #ckptw jadi trending topic!!! *eh ngelantur*

miftah faradisa said...

huda : hahaha. #ckptw juga aja deh hud...

daiga : iya, bener banget... we're perfectly imperfect.... *ribet

roro : hmm...you've got the point, ro.. :D

miftah faradisa said...

dio : iya, bener banget....orang kayak gitu emang bikin gregetan...hih... --"

aisyah : itu kosakata yang kayaknya udh berkembang diluar sana...ahaha

taufan : hoo.. 2 paragraf awal juga gampang dipahami kok fan.. #ckptw aja deh... wakakaka

miftah faradisa said...

nox : hahaha. yang paling ngejlebb emang yang itu kayaknya.. salam kenal juga... :D

erick : iya, capek kalo harus nanggepin semua hal... plisss.. #ckptw aja buat kamu rick..hahaha

miftah faradisa said...

elang : yup... ayo bentar lagi kamu juga bakalan tertular lang.. hahaha

Djohand Vengeance said...

ini kalo dipikir-pikir kayak bayu skak gitu ya.. pakek singkatan-singkatan... jangan-jangan....
yang cukup tahu tentang masalah orang itu bener banget, kadang-kadang juga ada orang yang gak cukup tahu tapi malah ikut campur dalam menanggapi masalah. itu kampret banget.

miftah faradisa said...

ooo..jangan jangan istilah itu aslinya dari bayu skak...

iya, emang, ngeselin banget...hahaha

Nenna Massara said...

#ckptw aja kalo kebanyakan orang pasti menyangkanya yang aneh-aneh , padahal belum tau faktanya :3
#ckptw aja sih mif gak aneh2
btw ikwym :3

Iva Mairisti said...

betul betul betull,,,, mending #ckptw dari pada banyak omong. jadi ingat ditempat PPL sebulan yang lalu, murid2 ku sering ngomong ckptw, klo gak cukup tau aja la ya,,hhmm emang lagi ngeternd ya kayaknya :D

Rizky Ashyanita said...

#ckptw aja kak miftah oke bangeeet
#ckptw ajah ini bisa diluar ekspektasiku kak :)

Ajie Wicaksono said...

cukup tahu... <<udh komentarnya cukup tau aja ya. XD

Djohand Vengeance said...

bisa jadi, kan bayu skak pernah tu bikin video yang ngankat materi tentang singkatan.

Haris Luqman Hakim said...

#ckptw artinya cukup tahu, baru tahu kalau artinya itu.
bagian yang #ckptw terhadap masalah orang lain saat kita nggak dimintai pendapat mengenai masalahnya, langsung keinget masalah kemarin.
agak beda si, bedanya temen minta bantuan saran masalah hubungannya dia. di kasih saran malah di kira terlalu ngurusin masalahnya dia. yang bodo sebenrnya siapa si. punya temen kok labilnya setengah mati.

Nizaruddin Rais said...

masa bodoh itu perlu emang. karena males juga kalo buang energi buat hal yang percuma~

Aulia Ry said...

setuju banget sama katakata yang ini "Kita perlu bersikap #ckptw terhadap masalah orang lain saat kita nggak dimintai pendapat mengenai masalahnya."

Iya, terkadang kalo ada temen yang punya masalah, kita suka pengeeeeen banget ikut campur. padahal dimintain tolong aja enggak. Jadinya malah bikin sebel si empunya masalah. Harusnya kalo udah tau, yaudah. cukup tau aja :)

Zhie Cha Smile said...

#ckptw prtama baca di post kopdarnya huda saya belum ohh ternyata #ckptw itu cukup tahu... hastag #ckptw itu trnyata bnyak positif nya juga... dan saya setuju terkadang memang kita harus bersikap #ckptw aja apalagi yang menyangkur masalah orang lain... gak perlu yang sampai kepo sedalam2nya atau ikut campur segala #ckptw saja^^

miftah faradisa said...

nenna : ikwym apaan nen.. ? --"

iva : iya banget....wah murid2 kamu jg tau ya...kayaknya emang lagi ngetrend banget..

kiky : hahaha. iya gitu deh... emang ekspektasimu gimana ky... --"

miftah faradisa said...

bang haris : wah parah banget tuh temennya... susah emang kalo punya temen labil semacam itu...bikin esmosi...hahaha

nizar : nah..bener banget..haha

miftah faradisa said...

aulia : iyasih ya...jadi kita harus pinter mengontrol diri biar orang lain nggak terganggu dan nggak perlu ikut campur terlalu jauh...hhaha

zhie : iya zhie...soalnya kalo keterlaluan, orang2 juga bakalan terganggu sama kepedulian kita...ckckck

Lidya Basrindu said...

kalo aku sama temen-temen sih ngucapin cukup tau kalo misalnya gak diajakin jalan bareng atau gimana. terus disingkat cutau atau cuktau hihi
tapi #ckptw ini lebih ke kesadaran diri ya hehehe

Mei Wulandari said...

aaaiiiih baru tahu ada itilah #ckptw hahahaha maklum efek gak gaul :p

ya bener Mif, kita harus bersikap #ckptw sama org gak bisa menghargai karya orang lain (nyambung ga sih ?)

aduh bingung mau komen apa... kamu keren Mif, bisa menjabarkan ckuptau itu ahahhaa

cukup tau jg ya kalo ada orang yg bermasalah tapi ga minta pendapat kita, jgn sesekali berpendapat apalagi yg negatif, tambah berabe ntar masalahnya (yg ini nyambung ga?)

Moti Peacemaker said...

oh...ini inspirasimu hud....em..ya..ya..

IchaL RizaL said...

Adminnya Anak Sidoarjo ini ? :D

annisaelvas said...

Ka miftah keren ya #ckptw nya mengubah pandangan aku. Ya sama kaya ka lidya, biasanya aku menggunakan #ckptw buat temen2 yg mau jalan tapi gak ngajak2:'( hee padahal #ckptw itu bisa juga di gunakan buat ..... apa ya istilahnya tuh kaya membatasi kita buat gak perlu tahu masalah orang lain terlalu jauh.
Hehe #ckptw deh kak miftah^^