19.3.14

Roller Coaster di Asem Manis Cinta

Kenapa judulnya dibuat "roller coaster"? Maksudnya bukan roller coaster beneran sih. Alasannya, karena buat saya, sensasi baca cerita di buku ini sama persis dengan sensasi naik roller coaster. Atau lebih tepatnya...roller coaster perasaan. Dari mulai senyum, bahagia, ngakak, nyesek, miris, bahkan sampai sedih-se-sedih-sedih-nya. *ribet.

No expression setelah ber-roller-coaster... *halah

Yup, buku Asem Manis Cinta ini berisi 12 cerita dari member sebuah komunitas personal blogger, yaitu Blogger Energy (BE). Pertama buka buku ini, rasanya nyess banget saat baca kata pengantar berisi sejarah berdirinya komunitas, perjuangan buat menerbitkan buku ini, ucapan terima kasih buat semuanya, dan ungkapan kerinduan ranger BE terhadap sang pendiri BE, yaitu Nico. *tsahh...


Saatnya review super-kilat, 12 rasa cinta, 12 cerita dari 12 penulis, cuma ada disini. Okesipp. Buku ini dibuka dengan satu cerita dari @sandalpedott tentang paket cintanya yang manis, sekaligus pahit.
Tapi ada satu yang kurang dalam paket cinta dari Linn, dia lupa mengajari gue pelajaran terakhir yang sampai sekarang gak bisa gue pahami. Bagaimana cara cinta memaafkan? (hal.17)
Nahlo, paket cinta apasih yang dia dapat dari Linn, sampai segitu susahnya memahami pelajaran "memaafkan"...? Tahan dulu rasa penasarannya, lanjut ke cerita kedua dari @meifariwis yang ribet dengan angka 13-nya.
Sesungguhnya jodoh hanya ada di tangan Tuhan, bukan ditentukan oleh angka 13 (hal.25)
Apasih hubungannya jodoh dan angka 13? Tanyakan pada yang bersangkutan, hahaha. Next, lanjut ke cerita dari @edotzherjunotz yang cintanya mentok gara-gara pulsa hape.
Mungkin gue dimainin sama cewek, tapi entah kenapa rasanya gak nyesek-nyesek amat. (hal.46)
Loh, kok nggak nyesek banget? Berarti juga nggak cinta-banget dong? Entahlah... Lanjut ke cerita @fauezhiie , si santri gaul yang grogi kalau berurusan sama cewek.
Memang nggak ada yang salah dari yang namanya bercanda. (hal. 64)
Iyasih, nggak ada yang salah. Tapi kalau dari bercanda itu bisa menghancurkan kedekatan kita dengan seseorang, apa masih nggak ada yang salah...? Biar si penulis sendiri yang buktiin. Lanjut ke cerita @terlahir_cupu yang jadi korban php gara-gara SMS nyasar dari seorang cewek.
Di php-in itu emang nggak enak banget, tapi lebih ga enak dan lebih sakit hati lagi kalau mencintai diam-diam. (hal.76)
Yah, sepertinya nyesek-nya di-php-in masih bisa dimaafkan. Dan benarkah dia udah ikhlas melepas cewek yang nge-php-in itu? Buktikan sendiri ya. Lanjut ke cerita @yooghaS_ yang beneran tulus mencintai seorang cewek, tapi harus berakhir dengan penyesalan.
Gue coba memahami dan menganggap ini semua takdir Tuhan yang memberikan cinta yang benar di waktu yang salah. Yang mengajarkan gue memakai cinta dengan benar pada orang yang ternyata salah. (hal.92)
Pasti perih banget mencintai orang yang salah. But, banyak pelajaran yang bisa didapat dari cerita ini. Next, cerita, atau lebih tepatnya bukan cerita sih, tapi tips dari @ichsanrmdhni tentang penyebab berantem saat pacaran.
Beginilah lika-liku pacaran. Ada senangnya banyak dukanya. (hal.103)
Nah, buat yang pacaran sepertinya bakalan mikir lagi setelah baca tips dari buku ini. Lanjut, cerita @bayubuna yang target cintanya keburu direbut si Cuplis.
Yang ada di pikiran saya setelah kejadian itu cuma tiga, penyesalan, penyesalan, dan penyesalan. (hal.109)
Kejadian seperti apa sampai bikin segitu menyesalnya? Apa ada hubungannya dengan si Cuplis? Sepertinya begitu. Next, cerita @amii_potabuga yang perasaannya diaduk-aduk oleh suatu kejadian selama 10 menit.
Dalam suatu peristiwa tak mengenakkan mungkin ada sedikit terselip cerita manis. Hanya saja kita takut mengingatnya karena takut teringat akan cerita sedihnya. (hal.119)
Ya, dalam 10 menit aja, dia udah merasakan manis sekaligus pedihnya luka. Kok bisa sih? Bisa dong. Lanjut ke cerita @nurulprayoga yang sering jauh dari cinta.
Tapi tetep aja, senikmat-nikmatnya hidup, bakal berasa hampa kalo kita enggak punya orang yang bisa diajak berbagi. (hal.123)
Dan karena hal itu dia mulai berjuang mencari cinta. Apa dia berhasil? Belum tentu. Next, ada cerita @eva_dino yang pacaran dengan cowok pecinta warna pink.
Iya, aku bodoh, seharusnya kemarin aku tetap di sampingnya dan mengarahkannya agar dia tidak melakukan hal gila seperti ini. (hal.150)
Wah, hal gila apasih yang dilakukan si pinky boy? Cari tau di ceritanya ya. Terakhir, cerita @efnumu yang sebaiknya nggak dibaca pas malam hari karena...bikin merinding.
Cewek emang pengen punya pasangan yang masa depannya cerah, tapi cowok juga pengen punya pasangan yang masa lalunya baik-baik. (hal.162)
Emang gimana sih masa lalunya si cewek yang penuh misteri itu? Hmm...penasaran dengan ceritanya kan. Iya, emang semua cerita disini bikin kita jadi kepo dan penasaran.

Overall, semua cerita di buku ini bener-bener membuat kita merasakan asem manisnya cinta. Buat saya, membaca cerita cinta personal blogger, apalagi orang yang kita kenal (meskipun nggak pernah ketemu) itu rasanya beda...dan jauh lebih seru. So, buat kamu yang makin penasaran sama semua kisah cinta para personal blogger, buruan gih ke Gramedia atau ke toko buku terdekat, grab it fast. Dan dijamin...nggak bakalan nyesel setelah beli buku ini.

Labels :

24 komentar:

Julian said...

hello miff....wah enaknya udh baca bukunya,,sampe hari ne gue belum nemu tuh buku di toko buku dikabupaten juga blm ada.
menarik ya ulasan kamu ttg para penulis dan cerita yg ditulisnya. gue jadi ngebet juga pengen nulis reviewnya tapi cuma meraba2 aja nulisnya entar krn gk pegang bukunya.

Haris Luqman Hakim said...

oh...
ini review buku Asem Manis Cintan dari grup paling keren BE ya..
walaupun gak ikut terlibat langsung di dalamnya, tapi saya juga ikut bangga karena sudah masuk grup ini.

semoga gak berhenti disini aja, akan masih ada lagi karya dari anak-anak BE di buku selanjutnya.

tofik dwi pandu said...

udah mension BE belum mif? biar dipromoin di twitter, sekalian biar orang2 pada makin penasaran sama bukunya.

sampai saat ini belum cukup uang buat beli buku,.. sedih
padahal bukunya keren :))

Ichsan Silahuddin said...

Di tempat gw gak ada toko buka :'(
Gw harus pergi ke Bandung nih,tp nanya dulu temen gw deh ( Dompet )
makin penasaran aja nih pengen baca :D

Rad Rambo said...

ah reviewnya bisa aja nih bikin penasaran -_- spoiler yang tanggung ini selalu bikin geregetan buat tau kelanjutannya -_-

Maz Reyza Zamzamy said...

makin bikin penasaran aja nih. gue masih otw ngumpulin duitnya buat beli asam manis cinta hehe

Elang Wicakso said...

Yeah,, aku bahkan belum menghasilkan satupun antologi sekalipun! :(

iswahyudi779 said...

wah perlu dicoba untuk beli. Cinta selamanya seru dan nikmat. apalagi jika diceritakan oleh teman sendiri. hihi, cinta selamanya akan selalu manis dan asem :)

dwi sartikasari said...

Wiihh reviewnya detail banget 1 cerita 1 review. Aku nggak sampe sedetail itu malah haha.

Tapi emang bener nggak nyesel ya beli bukunya? Keren banget. Bikin ketawa iya, terharu iya, senyum-senyum iya, malah nangis juga iya. Kereenn!

Meykke Santoso said...

cc miftah, review mu keren dan lengkaaappp!! ah coba punya aku aku bikin serupa ini.hehehehe..

bagusss!!

Ichsan Ramadhani said...

kerenn, gue suka gaya reviewnya, kaya memetik point penting dalam sebuah ceritanya gitu, ahhhh

miftah faradisa said...

lia : hahaha. aku udah baca review kamu loh btw..lebih tepatnya artikel buat Best article yang ada namaku juga...makasihh.. :3

haris : yup, bener banget... aku juga ikutan bangga meski nggak terlibat di cerpen2nya.. sipp..moga akan ada karya selanjutnya yang lebih seruu...

miftah faradisa said...

tofik : nah..belum pik..kapan2 aku mention BE deh..sekalian promo.. wah, moga tabungannya cepet kekumpul buat beli buku...hahaha

ichsan : yah, buruan ke bandung gih...kalo udah disetujuin dompet...hahaa

rad : nah, kalo penasaran, segeralah beli bukunya... *promo

miftah faradisa said...

reyza : sipp...moga cepet kekumpul dan cepet beli..

elang : iya, tapi kamu lagi aktif2nya liputan buat notif.. --"

iswahyudi : nahh...makin seru karena temen sendiri itu yang bikin cerita...hahaa

miftah faradisa said...

dwi : hahaha. iyanih, akhirnya malah jadi kepanjangan... yups..keren kan..bener2 asam manis...

meykke : iya, lengkap dan panjang... punya kamu juga bagus loh btw...

ichsan : makasih yam..buruan beli bukunya gih..hahaa

Caecilia Ayu Wulandari said...

ini yang namanya revieeeeew. Niat banget nyampe per cerita dikasih tau dengan SINGKAT BANGET nya. Dan super sekali kak buku #asemmaniscinta udah gue peluk hampir seminggu tapi belom gue buka plastik bungkusnya. Yee. belom gue baca. Momen nya masih belom tepaaat.

Gara-gara tulisan ini bikin gue makin penasaraaaaaaaaaaan. Aaaa sabar cecil !!!

miftah faradisa said...

aaa..makasih cecil...
nahloo..makanya buruan cari momen yang tepat..terus buruan bacaa dehh... dan buruan bikin reviewnyaa... :D

IQROZEN said...

Penuh inspirasi... Thanks

Edotz Herjunot said...

Miftaaaah~
reviewnya super sekali...
dicatutin per babnya gitu, sip banget deh :D

Liaalicious- said...

Kan kan kan... Makin penasaran jadinya :x Beberapa hari yg lalu aku iseng main ke toko buku. Dan aku liat buku #AsemManisCinta duduk manis disana! Tapi sayang... Aku hanya bisa menatapnya dari jauh walau dia sudah berteriak ingin aku bawa pulang :'( *apaan dah*

miftah faradisa said...

iqro : makasih.. :D

bang edotz : aaa..makasih bang dotz.. :D

lia : hahahha. buruan nabung, terus bawa pulang tuh si buku unyu.. :3

Caecilia Ayu Wulandari said...

camacama tataaak.

Iya ini juga lagi nyari kak.

Bayu P Abuna said...

dari beberapa yang udah ngereview #AsemManisCinta menurut saya ini yang paling niat dan yang paling bikin penasaran. Penuh tanda tanya, jadi yang baca pengen buru-buru beli bukunya.

Thanks, ya udah ngereview :)

Hanamilia Alcara said...

wah, semangat banget....di review satu2....^_^

Makin penasaran nih yg blum pnya bkunya?