13.4.14

Girls

Apa yang paling menarik dari suatu perpisahan...? Dulu, buat saya nggak ada yang menarik. Sama sekali. Semua bentuk perpisahan pasti bakalan meninggalkan kenangan, sepi, hampa, dan setumpuk hal nggak enak lainnya. Dari semua perpisahan, yang paling berat adalah perpisahan bareng teman-teman baik saat lulus SMA beberapa tahun lalu, ataupun saat lulus kuliah tahun lalu. Dan perpisahan bareng orang yang pernah sangat-dekat... *uhukk *abaikan.

Saya punya beberapa teman dekat yang berjenis kelamin perempuan, alias cewek. Dulu, kita sering menghabiskan waktu pelajaran buat melakukan banyak hal-hal seru, dan..memalukan. Saat kelulusan, berasa berat banget karena harus melepas kebersamaan. Teman-teman SMA tersebar kuliah ke luar kota Malang, dan teman kuliah kembali ke daerah asal masing-masing. Awal perpisahan, kita masih sering kangen lalu sibuk curi waktu buat hangout bareng. Seiring dengan makin banyaknya kesibukan selama-dan-pasca kuliah, kita jadi makin jarang ketemu. Setelah semester akhir, teman-teman SMA kembali ke Malang buat sekalian menunggu panggilan kerja. Sedangkan teman kuliah yang masih tersisa di Malang kadang masih ada waktu kosong saat weekend. Karena itu, kita mulai punya banyak waktu buat bertemu lagi.
Lalu, apa yang menarik dari suatu perpisahan...? Pertemuan kembali. Itu jawabannya. 
Kadang kita butuh jarak dan waktu untuk menemukan dunia baru. Dunia dimana kita menjadikan mereka sebagai pemicu semangat untuk mengejar mimpi. Dunia yang nantinya akan mengubah kita menjadi orang yang jauh lebih baik. Dan, dunia yang membuat kita "punya cerita" untuk dibagikan saat pertemuan kembali dengan mereka. 
Pertama ketemu lagi (setelah sekian lama), banyak hal yang berubah dari mereka. Ada yang lebih cerewet, lebih friendly, lebih cantik, dan mungkin lebih dewasa. Pembicaraan saat ketemu mereka pun banyak yang berubah. Saat SMA atau kuliah dulu kita lebih sering menggosip tentang gebetan di kelas lain, ngerjain guru yang galak, kabur dari kuliah dosen killer, dan bikin strategi licik untuk menghindari peraturan. Sekarang, pembicaraan kita bisa dibilang "agak berat". Mulai dari masalah kerjaan, penghasilan, nikah, dan... (calon) pendamping hidup. *astaga..


Yang lebih menarik, meski banyak hal berubah, tapi sikap mereka masih tetap baik, tetap seru dan kompak seolah-olah kita nggak pernah pisah.
Ternyata jarak dan waktu nggak cukup kuat buat menjauhkan kita dari orang yang mau berjuang buat bertemu kembali.
Kadang demi reuni kecil-kecilan, kita rela atur waktu sebaik mungkin agar semuanya bisa ikut. Atau saat di Malang, mereka akan menyempatkan diri buat ngajak ketemuan, meskipun waktu luangnya cuma sebentar. Bahkan, kadang rela bayar lumayan mahal demi momen ngumpul bareng yang belum tentu bisa terjadi lagi.

Meskipun setelah ini sepertinya kita bakalan berpencar lagi untuk kerja dan mengejar masa depan, tapi we'll be strong enough to survive. Dan saat ada kesempatan nanti (entah kapan waktunya), kita bakalan ketemu lagi, berbagi cerita, maupun hangout bareng. Pastinya dengan keadaan yang berbeda, keadaan yang jauh lebih baik dan cerita-cerita yang baru. So,  just can't wait for the next meeting, girls.
Labels :

15 komentar:

Haris Luqman Hakim said...

kalau kita udah punya sahabat dan sering melakukan hal-hal seru dan memalukan, terasa berat bila ada perpisahan. pasti kita akan merasa kangen main bareng.
tapi itulah yang membuat kita merasa saling memiliki.

apalagi sahabatannya udah lama. Hmmm...

Elang Wicakso said...

Jadi inget Nisa nih :(

erickparamata said...

Wah bener banget kak, inti dari perpisahan itu ya pertemuan kembali. SUPER!!!
Aku udah lama juga gak ketemu teman seangkatan. Padahal banyak yg masih tinggal sekota. Tapi yaa kesibukan kadang suka menggangu. :(

Eh itu di foto bawah ka Nisa ya? Oohh jadi selama ini ka miftah sama ka nisa itu temenan beneran??!!!!!!!!! #SokDrama #PadahalBiasaAjaSih #UdahTauDariDulu
Hahahaha xD

vera astanti said...

Iya perpisahan itu perlu... karena pertemuan kembalinya jadi lebih seru, lebih indah, lebih romantis. Hihi.

Reuni itu emang momen yang nggak bakal terlupakan, asalkan jangan reunian sama mantan dan clbk, hingga mengabaikan pasangan yang sekarang. :D

Julian said...

gue suka banget dengan orang - orang yang berjuang untuk bisa bertemu kembali , salut buat orang - orang kayak gitu :)

Moti Peacemaker said...

ah kenangan....keren banget,,merasakan masa-masa kebersamaan dengan sahabat yang lama kagak ketemu...sepertinya sebentar lagi saya akan merasakan hal yang sama...sekarang pun kayaknya udah.....


ah, sahabat emang tak pernag terlupakan.....seperti halnya mantan mungkin ya :P

Kresna Dewa Bayu said...

Kalo aku sendiri sih udah banyak makan asem pahitnya perpisahan, mulai dari sd yang harus caw duluan kelas 5 untuk pindah ke palembang dari banjarmasin(kalsel), sampe sekarang/beberapa bulan lalu dengan temen MAN, tapi yakin aja dibalik perpisahan pasti akan ada pertemuan yang lebih indah dari pertemuan selanjutnya eaaaa

dalikewara said...

yap, perpisahan itu emang mampu merubah seseorang. seperti perpisahanku sama temen sd. dulu dia yang paling sering aku tipu, eh pas udah ketemu lagi dia berubah, jadi aku yang paling sering dia tipu. oh, indahnya perpisahan...

Nurul Prayoga Abdillah said...

"Ternyata jarak dan waktu nggak cukup kuat buat menjauhkan kita dari orang yang mau berjuang buat bertemu kembali." keren!

ahhh, gue jadi kebayang2 waktu perpisahan SMA dulu, dan jadi kebayang2 pula bakal gimana nanti pas lulus2an kuliah. uh!

bener ya mbak. kita butuh waktu untuk numpuk rindu gitu.

Maz Reyza Zamzamy said...

setiap pertemuan pasti tidak terhindarkan dari yang namanya perpisahan. memang gaada yang enak sih kalo udah di tahap perpisahan, apalagi harus berpisah dengan teman dekat kita. dan cuma dengan reuni yang bisa mempertemukan kita dengan mereka kembali.

tofik dwi pandu said...

itu yang foto berdua sama kamu kan anggota BE juga yah.. siap sih lupa namanya hahaha
dia jarang keliatan di group.

seru yah kalo udah pisah lama terus kembali ketemu lagi, certitanya pasti udah beda. yang mencolok adalah masalah ngomongin 'pasangan' dan 'kapan nikah?' duhh...

Isnanur utami said...

ada serunya ada nyeseknya juga sih kak..

kalo memang ngga pada sibuk, bisa hang out, jalan2, dll.

nyeseknya sih, kalo tau salah satu diantara mereka mau menikah, dipikiranku udah pasti dia nantinya ngga bisa hang out ato jalan2 lagi.. sedihnya kyk gitu sih kak, menurutku..

Nurul Huda said...

Awal-awal baca aku berharap sih akan bahas mantan plus bakal ada foto-foto selfienya kalian berdua. Tapi ternyata harapan tinggal hanya harapan, aku menyesal udah berharap. *apaansih

Asik, aku pribadi juga gitu. Perpisahan emang enggak enak, tapi ternyata setelah berpisah begitu lama, pertemuan kembali akan membawa suasana yang berbeda and very very exciting!!!! Engga bisa dibayangin kalo terus-terusan bersama engga ada perpisahan, pasti boring banget.

Nurul Huda said...

Ada kak Nisaaaaa :D salaam yaaaa, buat pacarnya -_-

Abang Palli said...

cieeee..... reuniann ciye... saya malah baru tau kalo kakak udah tamat kuliah...

Haha pembahasannya jadi berubah dehh...

Reunian emang seru... walaupun temanlama bakal banyak hal baru dari mereka yg bisa kita kaguminn...

:D'