28.2.14

Love of The Other Way

Ada kutipan :
Men fall in love with what they look, women fall in love with what they hear. That's why women wear make up and men lie.
Umumnya bisa dibilang kutipan itu cocok dengan kenyataan. Kebanyakan para cowok menentukan standard cantik untuk pasangannya, dan cewek menginginkan cowok yang pintar ngomong, atau lebih tepatnya... pintar nyepik. Karena hal itu, maka cewek berlomba mempercantik diri dengan make up, dan cowok berbohong demi bisa ngomong manis di depan ceweknya.

Kalau standardnya seperti itu, bisa dibilang, orang yang paling mencintai kita adalah yang cantik atau yang pintar berkata-kata manis. Lalu, gimana dengan cewek yang merawat diri tapi nggak cantik, dan cowok yang punya masalah dalam mengungkapkan perasaan?

Secara nggak langsung, kita sering punya standard tentang bagaimana seseorang harus mencintai dengan cara yang kita inginkan. Cowok sering merasa sangat dicintai saat pasangannya dandan habis-habisan, sedangkan cewek akan merasa sangat dicintai saat pasangannya berkali-kali mengucapkan kata cinta. Standard itu yang justru membuat kita terpaku dan nggak menyadari cara yang lain dalam mencintai kita.

Kita bisa punya tipe dan standard, tapi di kenyataan, cinta bukan hanya sekedar berputar di dua hal itu. Cinta lebih ke penerimaan, atau keikhlasan menerima pasangan diantara pilihan lain yang lebih baik. Kita bisa mendapatkan pasangan lain yang lebih sempurna. Lebih cantik, pintar, romantis, dll. Tapi untuk mendapatkan pasangan yang lebih bisa "mengurusi" kita, belum tentu.
Just because they didn't love you with the way that you wanted to, doesn't mean that they didn't love you with all they have.
Cewek mungkin sangat mengusahakan untuk terlihat cantik, walaupun hasil usahanya nggak terlihat. Tapi bukankah dengan penampilan rapi dan nggak terlalu menarik perhatian cowok lain itu cukup untuk membuat pasangannya merasa tenang..? Sedangkan cowok akan mengusahakan untuk sering bilang cinta, walaupun kadang lupa dan malah banyak ngobrol tentang hal lain. Tapi bukankah dengan sebuah pelukan udah cukup untuk menjelaskan perasaannya..?

Jika kita bisa melihat dari sisi yang berbeda, kita akan tahu bahwa cewek yang nggak terlihat cantik dimata orang lain punya cara mencintai lewat perhatian, kesediaan untuk menemani dalam kondisi apapun, dan kesabaran selama "mengurusi" kecuekan pasangannya. Cowok yang bermasalah dalam mengungkapkan perasaan punya cara mencintai lewat sikapnya saat mengusahakan untuk ketemuan, atau menyempatkan membalas pesan dengan singkat ditengah kesibukannya, dan ketelatenan dalam mendengarkan keluhan, cerita, maupun omelan pasangannya.

Cara mencintai yang berbeda memang kadang sulit untuk kita pahami. Tapi, jika terbiasa menerima cara mencintai itu, kita akan tahu bahwa mereka juga punya cinta yang besar buat kita. Bahkan mungkin lebih besar dari yang kita tahu.

Pada akhirnya, cinta butuh kemampuan kita untuk melihat dan memahami cara mereka dalam mencintai, lebih dari sekedar cantik fisik ataupun omongan manis. So, open your eyes, explore your mind, look from another side, and just feel all the love around you.

*postingan terakhir di bulan februari yang... spesial buat kakak-kakak cantik yang mau menikah...

posted from Bloggeroid

30 comments:

Rahmat Hidayat said...

Umm, ternyata benar juga, ya, kalau dipikir-pikir. Wanita akan berdandan secantik mungkin, lalu pria akan berucap kata semanis mungkin. Dan bila keadaannya seperti ini, bakalan selalu ada perbandingan dengan pasangan lain. Semisalnya, seseorang itu lebih cantik, lebih manis dan seterusnya sampai kiamat. Oke, sebaiknya mulai dari sekarang saya akan mencari pasangan yang paling perhatian. Tapi.... itu pun kalau dapet.

miftah faradisa said...

iya, kebanyakan kayak gitu..ngebanding2in nggak ada habisnya... -nah..cari yang perhatian...pasti dapet lah..optimis dong..hahaha

Nauval Bahari said...

kata-kata "Just because they didn't love you with the way that you wanted to, doesn't mean that they didn't love you with all they have."
cocok banget ni sama kata-kata "Just because he does not love you, does not mean there is no love out there for you"...
hehehe

Roro Mira said...

ahhhh mbak Miffa ahhh -___-
jadi galau kan u.u

hmm, cari pasangan yg lebih bisa 'mengurusi' :)))

Joga Tjahja Poetra said...

Ntah kenapa gue mesem2 sendiri baca postingan ini. Setuju sama isinya di tiap paragrafnya :'))

Shry David said...

setuju sama bang Joga... postingan kak miftah tiap pargraf bahkan tiap kalimatnya punya makna yang "duh... iya banget nih" hehehe.. suka dan bener banget Kak.. intinya sih, kalo kita mensyukuri yang kita miliki dan 'melihat' dan 'menemukan' kelebihannya walaupun orang lain tak melihatnya, semuanya akan berjalan dg indah.. duh, sweet yah saya :3

Noor Fadli Mursyid said...

eaaaa...... betul itu mif.. cinta tulus ngga bukan masalah fisik atau pengen dipuji dan memuji, itu perlu tapi dalam bumbu pemanis dalam hubungan, yg terpenting adalah saling menjaga komitmen masing2, perhatian, saling berbagi kabar.. :)

miftah faradisa said...

nauval : nah..iya..benerr banget...

roro : hayo galau kenapa..hahaha...yup, cari yang pinter mengurusi aja... :D

miftah faradisa said...

yoga : hahaha. makasih...

shry : makasih..so sweet bangettt..benerr..

fadli : iyup, bener bangett..itu intinya..

Edotz Herjunot said...

kebanyakan emang gitu ya, contohny si Eva waktu Oges mau main ke tempatnya si Eva sampai bingung milh pakaian apa.. sampai di matanya seluruh baju yang dia punya menurutnya jelek haha
padahal mungkin aja Oges enggak mempedulikan itu..

fenomena begitu bisa dikatakan naluri aja, pengen menunjukkan diri pada pacar biar makin sayang en diperhatiin dan dapet pujian..
keren tulisannya :)

dwi sartikasari said...

Setuju banget. Tiap orang punya caranya masing-masing buat ngungkapin cinta sama pasangannya. Sedikit curhat sih, aku sering bingung mau pake baju apa kalo ketemu pacar. Tapi dia bilang intinya aku nggak perlu repot buat dandan lebay kalo mau jalan. CUkup sederhana dan jadilah diri sendiri.

Kalo berlebihan, jatohnya sifat asli kita malah tertutupi dan jadilah itu hubungan yang penuh dengan topeng.

Dia pun sama. Karena sifatnya cuek dan dingin, jadi dia nggak sok ngumbar-ngumbar kata sayang. Dia bilang kata sayang itu diucapin dari hati, pake perasaan. Kalo terlalu sering diumbar nanti kesannya kayak selewat doang, gak dapet feel-nya:))

Nurul Huda said...

gue bingung, kak roro ini galau kenapa sih? aku aja bingung baca ini ._. apa jadi orang dewasa sesusah ini yak? wkwk

Nurul Huda said...

bikin postingan soal ujian dong kak, bulan maret bulannya banyak ujian nih -_-

Caecilia Ayu Wulandari said...

bener bangeeeeeeeeeeet.
Cewek kalo sudah pergi ke acara pesta apapun itu, selalu ingin terlihat sempurna. Itu salah satu modus nya biar mata lelaki tertarik.
Hampir semua film pun pasti cowok terpana kalo liat cewek cantik.

Disaat kita bisa dengan cuek nya terhadap penampilan ato pun ucapan,saat itu juga berarti cinta tulus yang timbul.

Ngenes banget ya kutipan yang mengatakan perempuan jatuh cinta kata perkataan lelaki, itu lah sebab lelaki berbohong.
Nggak deh kalo buat aku kak
Terlalu sering denger kata-kata manis justru bikin muak.

miftah faradisa said...

edotz : wah..gitu ya bang..eh bentar...jadi..eva sama oges itu....cieee..hahaha...ah sudahlah...
yup...naluri cewek kebanyakan kayak gitu.. :D

dwi : bener..setuju...wah klop banget dong...kamu sama si-dia bener2 bisa saling ngertiin... :D

miftah faradisa said...

huda : ntar deh..masi gaada ide..haha

cecil : iyasih...di film2 malah lebih parah...kebanyakan cewek sih suka digombalin..kalo kamu enggak, berarti antimainstream loh..baguss tuh..hahaha

iswahyudi779 said...

paling mudah untuk melihat orang cinta / gak. dengan kitaa menjadi diri sendiri. dan menunjukkan jati diri. Kalau misal dia cinta berarti dia mencintai kita. Namun kalau kita pakai topeng yang bagus maka dia cinta karena topeng kita. sederhananya yang baik berpasangan dg yang baik begitupun sebaliknya :)

Julian said...

dandan emang sangat penting bagi seorang wanita utk menarik minat lawan jenis,,alhadulillah bgt kalo dapet pasangan yg menerima kita apa adanya....jelas mencintai hatinya bukan fisik yg dipolesin dgn berbagai hiasa dunia yg akan lekang dgn waktu namun tidak utk perasaan yg tertanam didalam hati seseorang :)

Rad Rambo said...

hehhehe.. kesederhanaan wanita yang bikin dia cantik di mata pria

tofik dwi pandu said...

si huda request suruh bikin soal ujian. dasar siswa kampret -__-'
haha


.jadi cowo-cewe semacam saling membohongi diri sendiri. saling menentukan standarnya sendiri. si cewe ,karena ngedenger cowo suka liat cewe yang berpakain rapih, jadilah dia mempercantik diri. bener gak sih -__- gue bingung semdiri

gu juga punya kriteria tersndiri, nggak harus cantik. asal bisa nerima apa adanya ajh. eh ini bukan promo yah. tapi bisa juga :D

erickparamata said...

Iya huda kampreet! -_-" #ehh

Semua orang punya cara sendiri dalam mencintai, Merah gak selalu merah, hitam gak selalu hitam. Karena merah itu nilaiku dan hitam itu rambutku. #ehapasih! Hahahaha xD

Kalo aku sih cukup cewe yang jago bahasa inggris, berhijab, tinggal dimalang. Udah cukup itu aja.. #eeaa #IniModus!

dwi sartikasari said...

Haha ini aku malah curhat ya._. Alhamdulillah:)

Intinya sih ya saling ngertiin aja ya...

Maz Reyza Zamzamy said...

nah setuju nih sama lo, apalagi bulan april besok gue ujian nasional lagi

Maz Reyza Zamzamy said...

"cinta butuh kemampuan kita untuk melihat dan memahami cara mereka dalam mencintai, lebih dari sekedar cantik fisik ataupun omongan manis" nyess banget waktu baca kalimat ini.

cinta yang sebenarnya adalah cinta yang dapat menerima pasangannya, tanpa harus menuntut penampilan fisik yang indah ataupun omongan yang manis.

Ichsan Silahuddin said...

Catik itu relatip...ganteng juga relatip...
cinta itu sederhana... gak perlu mempercantik diri..gak perlu harus bisa bicara manis....
yg pendiam..cuek...bahkan pemarahpun... kadang jauh lebih bisa menunjukan rasa cintanya dengan cara mereka masing2... :)

Rohyati Sofjan said...

Standard > standar saja. :)
Sekedar > sekadar.
Dimata > di mata karena merupakan kata depan jadi di-ditulis terpisah.
Semnagat, bisa memahami perspektif tentang cinta. :)

Meykke Santoso said...

iyah..benerr..setuju banget Miff..emang aku pun sebagai cewek saat dulu punya cowok sll nuntut untk bilang cinta. takut kalo dia bosen. ga bilang, gue pikir dia udah bosen. walo nyatanya..ehm...nggak tau juga sih. tapi terlepas dari curhat aku itu, emang byk hal lah ya yg bsa dilakukan untk mengungkapkan cinta bukan cma lwat dandan ataopun nyepikkk...cuman, biar amann emang nggak perlu ada pacaran. sekalian nikah biar pikiran dan hidup tenang. Amiin @.@

Liaalicious- said...

Bener! Aku juga setuju sama kakak! Yah... Cantik itu relatif, ganteng juga. Curhat dikit, aku ini cewek. Tapi gak suka dandan, sering ngelakuin hal aneh juga. Sempet minder. Di kampus doi buanyak banget cewek-cewek cantik. Pernah aku coba tanya sama doi, kenapa bisa suka sama aku padahal masih banyak cewek-cewek cantik. Dan doi cuma jawab, "Enek liatnya. Mau cantik mah pake plastik ember juga bisa."

Yah... Untung masih ada yg mau nerima aku apa adanya~ Maaf malah jadi curhat, wkwk.

Caecilia Ayu Wulandari said...

haha iya kak.
Malah bikin muak dengernya.

Abu Zaini said...

Its same or no, True Love and Love of other day?